Meniran dan Manfaatnya

Meniran memiliki beberapa jenis, tetapi yang lebih dikenal masyarakat umum dan yang biasa digunaka untuk pengobatan hanya dua pesies, yaitu Phyllanthus niruri L. dan Phyllanthus urinaria L. Keduanya memiliki bentuk morfologi serta kahasiat yang hampir sama untuk pengobatan. Khusus untuk pengobatan, Phyllanthus niruri L (meniran hijau) lebih dominan dingunakan dibandingkan dengan Phyllanthus urinaria L (meniran merah). Komponen yang terkandung dalam meniran hijau lebih banyak daripada meniran merah.

Meniran dengan nama simplisia phyllathi herba banyak mengandung berbagai unsur kimia sebagai berikut :

- Lignan yang terdiri dari phyllanthine, hypophyllanthine, pyltetralin, lintretalin, nirathin, nitretalin, nirphylline, nirurin dan niruriside.

- Terpen terdiri dari cymene, limonene, lupeol, dan lupeol acetate.

- Flavonoid terdiri dari quercetin, quercitrin, isoquercitrin, astragalin, rutine dan physetinglucoside.

- Lipid terdiri dari ricinoleic acid, dotrianobtanoic acid, linoleic acid, dan linolenic acid.

- Benzenoid berupa methylsalicilate.

- Alkaloid terdiri dari norsecurinine, 4-metoxy-norsecurinine,

- Komponen lainnya berupa tanin, vitamin C dan K.

Khasiat meniran yang beragam ini berkaitan erat dengan zat atua senyawa yang dikandungnya. Filantin dan hipofilantin yang ada dalam meniran merupakan komponen utama yang berkhasiat melindungi hati dari zat toksik, baik berupa parasit, obat-obatan, virus, maupun bakteri. Karena meniran memiliki efek antihepatotoksik.

Selain itu, meniran yang mengandung flavonoid kuersetin terbukti mampu menghambat sintesis histamin yang merupakan mediator penting penyakit dermatitis alergika (eksim). Meniran juga terbukti dapat mengurangi kerusakan jaringan pada penderita alergi kulit. Nirurin dan kuerstin yang terdapat di dalam meniran berkhasiat sebagai peluruh air seni (diuretik). Flantin, hipofilantin, vitamin K, tanin dan damar berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sebagai hepatoprotektor.

Di samping itu, meniran yang memiliki rasa pahit agak asam, serta bersifat sejuk atau mendinginkan. Secara empiris dan klinis, herba meniran berfungsi sebagai antibakteri atau antibiotik, antihepatotoksik (melindungi hati dari racun), antiradang, antivirus, diuretik (peluruh air seni dan mencegah pembentukan kristal kalsium oksalat), ekspektoran (peluruh dahak), hipoglikemik (menurunkan kadar glukosa darah), serta sebagai immunostimulan ) merangsang sel imun bekerja lebih aktif).

Berdasarkan data empiris dan klinis, bahwa meniran efektif untuk mengobati beragam penyakit di antaranya batu ginjal atau empedu, infeksi saluran pernapasan atas, diabetes, infeksi kandung kemih, diare, malaria atau demam, gonorhoe, radang ginjal, hepatitis, epilepsi atau ayan, influenza dan tuberkulosis (TBC), sakit kuning, sakit gigi, antiradang, menyembuhkan penyakit kelamin sipilis dan bermanfaat sebagai pembersih darah dan berbagai penyakit kulit.


=====================================

>>> Jual Kapsul Meniran, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Meniran and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>